Rabu, 21 Januari 2015

Papandayan Trip

Papandayan, adalah gunung wisata yang berada di Garut Jawa Barat. Buat saya, bukan hanya sekedar gunung. Tempat ini mengajarkan saya banyak hal, termasuk mengajarkan saya untuk naik gunung lagi dan lagii, alias ketagihan!! :D 

Sebenarnya sih postingan ini sedikit kadaluarsa pemirsa! Gimana engga, secara kita udah naik dari akhir bulan Maret tahun lalu, da sekarang udah mau februari 2015 cuuy! Yaudah, yang penting sih feel-nya itu looh, masih kerasa sampe sekarang *lebay dikit sih* 

Back to topic!
Minggu , 30 Maret 2014 adalah perjalanan naik gunung saya yang pertama. Saya beserta rombongan bertolak dari perumahan Mutiara Gading Timur, Bekasi, menuju Bekasi Trade Center untuk bertemu rombongan lainnya. Dan eng-i-eeeng...inilah kami!



Menggunakan mobil sewaan, kami meninggalkan kota Bekasi. Berhubung long weekend, perjalanan sedikit lebih lama, plus nyasar akhirnya kami tiba di sebuah mesjid di daerah Cisurupan sekitar pukul 05.00. 

Bekasi dan Garut itu ibaratnya Oven sama Freezer looh, dinginnyaaaa amppuuuuun!

Daaan di sinilah cerita dimulai. 

Pukul 05.30.
Di langit, semburat matahari pagi mulai menyeruak. Meskipun Papandayan disebut-sebut sebagai gunung wisata, akan tetapi antusias para pendaki tetap terlihat memenuhi lapangan mesjid waktu itu. 
Dari mesjid perjalanan berlanjut menggunakan mobil pick up. Bisa dibayangin, satu mobil pick up berukuran kecil harus menampung sekitar 15 orang plus tasnya masing-masing. Dengan kondisi jalanan yang curam+berbatu+sopir yang ugal-ugalan, sukses bikin para cewek paduan suara dengan ketinggian lengkingan mencapai 8 oktaf! *gak ngerti sih maksudnya apa*


Piuuh..!Welcome to Papandayan!! 




Dihantarkan oleh do’a bersama, akhirnya kami memulai pendakian. 




Kelebihan dari gunung papandayan adalah suguhan pemandangan yang tidak ada putus-putusnya di sepanjang jalur pendakian. Mulai dari Gunung belerang dengan asap yang mengepul di sekitarnya, hutan-hutan dan sungai kecil bahkan tukang tahu sumedang yang masih dapat kami temui di tengah perjalanan.

 Katenye ini Kawah Mas Pemirsah!








Menurut saya, Papandayan adalah gunung yang cocok untuk para pendaki pemula. Selain track-nya yang tidak curam, pemandangan dari atas gunung ini cukup ampuh untuk menyengat hasratke-pendakian-nya *apa coba maksudnya?* hahaha.

Jalanan sempit dan pohon-pohon Cantigi terus menggandeng kami di sepanjang perjalanan. Di sini, kamu bisa menyaksikan keindahan lain dari papandayan. Jika cuaca cukup cerah, kamu bisa melihat pemandangan hutan mati dan kota Garut dari atas sini. Wuiiih, cantik kali laah pokoknya.  

Sampailah kami di pondok Salada. Sebuah lahan berumput yang cukup luas dengan rangkaian bukit kapur membingkai di sekelilingnya. Tempat yang cocok untuk bermukim.Waktunya mendirikan tenda!

Berhubung kami semua adalah pemula, master suhu yang satu ini betul-betul dibuat repot dalam hal pasang-memasang tenda. Terimakasih suhuu! :D


Tenda selesai, makan siang selesai. Time for Hutan Matii..!

Tidak perlu repot-repot membawa perbekalan untuk naik ke Hutan Mati ini. Hanya dengan menempuh jarak 20 menit, kamu sudah sampai di hutan mati. Hati-hati, jika sedang musim hujan tanah di hutan mati ini sangat licin.
Perjalanan belum berakhir, masih ada Tegal Alun yang WAJIB, KUDU dan HARUS kamu kunjungi, secara ada kejutan lain menunggu di sana.




Okkeh, ini dia Tegal Aluuuuuunnnn...!! Salah satu kejutan yang bisa kamu dapatkan adalah padang Edelweis sejauh mata memandang. Konon katanya, papandayan adalah salah satu gunung dengan padang Edelweis terluas di Indonesia. So, puas-puasin berfoto yaaa :D


Petualangan papandayan berakhir sampai di sini saja, berhubung hujan deras yang tiba-tiba turun, kami terpaksa putar balik ke perkemahan.


But, totally Papandayan is amaziing..!

Papandayan adalah sebuah gunung yang udaranya sejuk memanjakan paru-paru. Sebuah tempat yang mataharipun hanya akan bersinar sewajarnya, tidak menyengat kulit dan mengolok dahaga. Papandayan adalah kolaborasi pemandangan plus ketenangan, dan papandayan adalah sebuah tempat dimana cerita cinta mulai berbunga. ;)

So see you next time gaeeess..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar